Wednesday, August 22, 2012

Dari kampung pesisir menjadi cikal bakal kerajaan besar di Nusantara (Part 2)

Pada bagian pertama, saya sudah menerangkan tentang cikal bakal berdirinya kerajaan pertama di Nusantara yaitu Kerajaan Salakanagara yang kini lokasinya berada di Pandeglang Provinsi Banten. Nah lalu setelah berubah menjadi kerajaan besar apa yang akan terjadi selanjutnya? mari kita simak bersama sama...

Dalam catatan sejarah, tidak disebutkan adanya peperangan besar yang melibatkan kerajaan Salakanagara. Kerajaan ini sukses berdiri selama 200 tahun lebih dengan raja terakhirnya adalah Prabu Darmawirya Dewawarman (Dewawarman VIII).

Tersebutlah Jayasinghawarman menantu dari Raja Dewawarman VIII yang mendapatkan tongkat pimpinan Salakanagara setelah sang mertua turun tahta pada tahun 362 Masehi. Rupanya Jayasinghawarman lebih ingin mengembangkan kerajaan barunya dibandingkan berkuasa di Salakanagara. Maka berdirilah kerajaan Tarumanagara sebagai penerus Salakanagara, pusat pemerintahan di Rajatapura dipindah ke ibukota Tarumanagara (Kalau sekarang masuknya ke wilayah Bogor).

Dewawarman VIII menutup kisah kerajaan Salakanagara dengan prestasi bagus. Di bawah kepemimpinannya yang adil dan bijaksana, keadaan ekonomi penduduknya sangat baik, makmur dan sentosa, kehidupan beragama pun sangat harmonis. Haha kalah telaklah kalau dibandingkan keadaan Indonesia sekarang.

Semoga kisah yang ditulis amburadul ini menginspirasi kita bahwa sebenarnya nenek moyang kita adalah bangsa yang kuat. Bangsa yang pemimpinnya mampu menjaga amanah rakyat, jauh dari korupsi jauh pula dari konspirasi. Merdeka!

No comments:

Post a Comment